buy jintropin
06.07.09

Ketrampilan Kue Kering


Ketrampilan Kue Kering Songsong Lebaran
oleh : Gatot Supriyanto

kue keringLebaran sebentar lagi. Setidaknya Rhamadan sudah mulai masuk pada Agustus nanti. Bagi ibu-ibu, tentu memasuki bulan puasa dan lebaran tersebut akan menjadi kesibukan tersendiri. Kesibukan itu semakin padat ketika bulan Rhamadan mulai mendekati akhir dan lebaran menjelang. Biasanya ibu-ibu mulai sibuk keluar-masuk pasar maupun mal. Accessories rumah, busana hingga kue lebaran menjadi buruannya. Pendek kata disaat seperti itu tingkat konsumsi sangat tinggi.
Tapi dibalik itu semua, tentu ada peluang usaha yang terbuka lebar untuk bisa dimanfaatkan. Diantara peluang usaha itu adalah bisnis kue kering yang tentunya bisa di geluti oleh ibu-ibu anggota SBW. Terkait dengan itulah usulan pelatihan ketrampilan kue kering direalisasi sebelum lebaran tiba. Harapannya, anggota bisa memanfaatkan moment tersebut dengan ketrampilan barunya. Kalaupun tidak untuk usaha, tentu ketrampilan membuat kue kering itu bisa menambah jumlah jenis kue yang dipajang dimeja ruang tamu. Dan tentu akan bisa menjadi kebanggaan tersendiri, karena kue tersebut hasil karya sendiri.
kue kering2Dalam pelatihan kue kering ini, Kopwan SBW menggandeng PT. Bogasari yang punya unit usaha pelatihan berbagai macam kue. Untuk itulah pelatihan yang diselenggarakan sejak tanggal 15 hingga 18 Juni 2009 itu diadakan di Bogasari Baking Center (BBC). Di pusat pelatihan yang berada di belakang Delta Plaza itulah anggota SBW berlatih membuat kue mulai pukul 08.30 hingga pukul 16.00. Ada 4 resep yang diajarkan yaitu puff stik keju, sus kering manis, almound macatron cookies dan mlinjo cookies.
Pelatihan kue kering ini diikuti 141 anggota dan setiap anggota dikenakan biaya sebesar Rp.195.000, sebagai uang pertanggungan. Dari biaya tersebut anggota tidak hanya mendapatkan penjelasan pembuatan kue secara langsung. Bahkan peserta juga mendapatkan makan siang dari BBC.
Pada pelaksanaan praktek, kelas yang terdiri dari 36 peserta itu dibagi 6 kelompok. Setiap kelompok akan menghadapi satu meja praktek. Dimeja itulah setiap kelompok saling bekerja sama untuk menyelesaiakn setiap resep. Setia presep bisa diselesaikan kelompok dalam waktu sekitar 1 jam. Sehingga pada pukul 3.00, empat resep yang diajarkan bisa tuntas dikerjakan peserta. Setelah itu hasil kerja kelompok tersebut dibagikan secara merata kepada seluruh anggotanya.
Bagi anggota, pelatihan ini sangat menarik dan banyak manfaatnya. Bahkan diantara anggota peserta pelatihan sudah ada yang berani menawarkan diri untuk menerima pesan kue kering. Beberapa peserta juga mengaku sudah punya usaha pembuatan kue kering. Dengan demikian hasil pelatihan yang didapat tersebut akan semakin melengkapi ragam produknya.(wba)

ketrampilan kue

Bookmark and Share

One Response to “Ketrampilan Kue Kering”

  1. Membuat Ketrampilan Clay | Learning Center SBW Says:

    [...] Bhakti Wanita Jawa Timur bukanlah dari tanah liat, tetapi bahan sesungguhnya terbuat dari “tepung kue“. Bahan dasar untuk membuat ketrampilan Clay ini bisa bermacam-macam, akan tetapi melihat [...]

Leave a Reply

Top Blogs Show all blogsblog directoryblog search directoryArts Blogs - Blog Rankingsblogarama - the blog directory Literature Business blogs & blog posts Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!